Uncharted

Seorang pemburu harta bernama Nathan “Nate” Drake menemukan peti mati seorang penjelajah bernama Sir FrancisDrake dari dasar laut. Nate mengaku sebagai keturunan Sir Francis dan telah mewarisi cincin dengan kordinat ekspedisi tertulis di atasnya. Ekspedisi ini di danai oleh seorang jurnalis bernama Elena Fisher, yang berada di sana untuk merekam aktivitas untuk sebuah film documenter. Saat mereka membuka peti tersebut, tidak ada apa – apa di dalamnya kecuali sebuah diary yang di tulis oleh Sir Francis, menunjukan kalau Sir Francis memalsukan kematiannya seperti yang Nathan curigai. Setelah itu sekumpulan bajak laut yang telah melacak Nate muncul dan menghancurkan kapal mereka, akan tetapi mereka di selamatkan oleh partner Nate, Victor “Sully” Sullivan.

Setelah kembali ke dataran, Nate dan Sully mempelajari diari yang baru saja di temukan yang menunjukan lokasi El Dorado, kota dongeng yang terbuat dari emas, di Amazon. Khawatir bahwa penerbitan documenter Elena akan menarik pesaing, Nate dan Sully memutuskan untuk meninggalkan Elena di pelabuhan dan pergi menju Amazon hanya berdua. Mereka menemukan reruntuhan kuno peradaban America Selatan, dan menemukan bukti bahwa sebetulnya El-Dorado adalah sebuah patung emas yang besar bukan sebuah kota, dan itupun sudah di pindahkan oleh orang Spanyol sejak lama. Mencari lebih jauh, Nate dan Sully menemukan kapal boat yang sudah lama di tinggalkan tersangkut di sungai Amazon dan masih membawa crew yang sudah mati, yang terlihat seperti dianiaya sampai mati, sebuah koin emas Spanyol dengan cap yang tidak di kenal, dan sebuah halaman yang hilang dari diary Sir Francis yang menunjukan pulau tropic di bagian selatan yang di duga tempat orang – orang Spanyol membawa patung emas tersebut.

Sebelum mereka bisa meninggalkan Amazon, mereka didatangi oleh Gabriel Roman, seorang pemburu harta kompetitif yang menyewa prajurit bayaran yang dipimpin oleh Atoq Navarro, tangan kanan Roman dan seorang archaeologist dengan pengetahuan tentang patung tersebut. Keduanya mengetahui tentang tujuan Nate untuk menemukan El Dorado sedangkan Sully, yang berhutang uang pada Roman, membeberkan bahwa dia merencanakan sesuatu. Nate menolak untuk membantu Roman, yang akhirnya Roman menembak Sully di dada. Saat Nate edang bertarung dengan Navarro, kapal boat mereka hancur karna terkena torpedo yang Nate tidak sengaja aktifkan. Nate menggunakan kekacauan dan kepanikan tersebut untuk melarikan diri kedalam hutan, dan kemudian di selamatkan oleh Elena. Lalu mereka berdua terbang dengan pesawat Sully menuju ke pulau yang di tunjukan oleh halaman dari diari Sir Francis.

Saat pesawat mereka mendekati pulau bernama UK2642, pesawat itu tertembak jatuh dan keduanya terpisah. Nate berjuang dalam perjalananya menyusuri hutan sampai akhirnya menemukan sebuah benteng dan dia melihat parasut yang di pakai Elena saat kabur dari pesawat yang jatuh. Nate melanjutkan memasuki benteng, di mana ia menemukan sebuah pesan dari Sir Francis yang menyatakan kalau ia pergi ke menara benteng. Setelah sampai disana, Nate tertangkap oleh bajak laut yang ia temui saat sedang melakukan ekspedisi bersama Elena, yang ternyata dipimpin oleh seorang bernama Eddy Raja, saingan terdahulunya. Eddy menuntut Nate untuk membantunya menemukan harta (El Dorado) tersebut, akan tetapi ia berhasil kabur dengan bantuan Elena. Mereka berdua berjuang melawan anak buah Eddy dengan baku tembak, dan akhirnya berhasil kabur sampai ke sebuah pelabuhan yang sudah lama di tinggalkan, dan mengetahui, lewat sebuah catatan yang mereka temukan di suatu rumah adat, bahwa patung tersebut sudah di pindahkan jauh ke pedalaman. Lalu Elena melihat Sully – yang dikira sudah mati – bekerja sama dengan Navarro dan Roman. Nate dan Elena memutuskan untuk mengikuti mereka bergerak ke utara menuju sebuah Biara. Disana mereka menemukan sebuah jalan tersembunyi dan berhasil menyelamatkan Sully yang ternyata selamat berkat buku diary Drake yang menahan pelurunya, dan Sully memutuskan untuk bekerja sama dengan para penangkapnya.

Nate dan Elena menemukan beberapa jalan yang bersimpang siur di bawah Biara. Di lorong – lorong ini, Nate menguping argument antara Roman, Navarro, dan Eddy ,  yang juga di sewa Roman untuk membantunya menangkap Nate. Roman meragukan kemampuan Eddy untuk melakukan pekerjaannya lebih lanjut dan mengabaikan takhayul yang menyatakan bahwa sesuatu yang terkutuk di pulau ini telah membunuh anak buahnya. Roman memecat Eddy dan crew nya, Eddy yang marah menodongkan pistolnya kearah Roman tapi dengan cepat di hentikan oleh Navarro. Eddy keluar ruangan sambil mengata-ngatai.

Menelusuri lebih banyak lorong bawah tanah, Nate dan Elena menemukan sebuah jalan menuju sebuah ruangan tempat menyimpan harta karun yang sudah kosong yang mana mereka menemukan mayat Sir Francis Drake, yang kelihatannya meninggal dalam upayanya yang sia – sia dalam mencari harta karun tersebut. Melihat usaha Sir Francis yang tampaknya sia – sia, Nate yang terpukul meninggalkan cincinnya di tubuh Sir Francis. Saat mereka beranjak untuk keluar, mereka berpapasan dengan Eddy yang sedang berlari berusaha menyelamatkan dirinya dari kejaran manusia yang bermutasi yang memiliki kekuatan dan kecepatan yang luar biasa. Nate dan Eddy bekerja sama untuk melawan mahluk – mahluk tersebut dengan senjata yang ada. Pada akhirnya salah satu mahluk tersebut mengigit leher Eddy yang akhirnya tewas dan tubuhnya di seret ke dalam lubang oleh mahluk tersebut. Nate dan Elena melarikan diri ke sebuah pangkalan kapal selam Jerman yang telah di tinggalkan. Akan tetapi untuk bisa melanjutkan, Nate harus bergerak menuju ruang generator untuk membangkitkan tenaga listrik.

Selama eksplorasi di tempat tersebut, dia menemukan bahwa orang – orang Jerman juga mencari patung tersebut pada masa Perang Dunia II,  dan mereka, sebagaimana orang – orang Spanyol sebelum mereka, mengetahui bahwa patung tersebut terkutuk dan akhirnya mereka bermutasi. Nate menyadari bahwa mahluk – mahluk yang baru saja menyerangnya adalah keturunan dari orang – orang Jerman dan Spanyol yang juga bermutasi. Sir Francis, yang telah mengetahui kekuatan sesungguhnya dari patung tersebut, sebetulnya berusaha untuk membuat patung tersebut tetap berada di dalam pulau itu, dan menghancurkan segala upaya untuk mengangkut patung itu keluar dari pulau sebelum akhirnya dia sendiri terbunuh oleh mutan.

Nate berusaha ntuk kembali ke tempat Elena berada, akan tetapi menemukan Elena telah di sandera oleh Roman dan Navarro. Saat Nate mengikuti mereka, dia bertemu lagi dengan Sully di depan Biara. Baku tembak terjadi antara Nate dan Sully melawan beberapa anak buah Roman, dan akhirnya Nate dan Sully berhasil mencapai Roman, yang sudah menemukan patungnya. Saat mereka tiba, beberapa anak buah Roman menodongkan senjata kearah Nate dan Sully, dan tertangkap. Menyaksikan patung El Dorado yang sekarang ada di hadapan mereka, Navarro memaksa roman untuk segera membuka patung tersebut, akan tetapi tepat setelah ia membukanya, Roman menghirup debu yang berasal dari Mummy yang sudah membusuk di dalamnya dan mulai bermutasi seperti yang terjadi pada orang – orang Jerman dan Spanyol beberapa tahun silam. Roman yang sudah menjadi mahluk mutan langsung meloncat menyerang Navarro tapi dengan cepat Navarro menembak kepalanyanya dan Roman pun tewas. Seperti yang sudah di rencanakan selama ini untuk mencuri patung tersebut dan menjual mutagennya kepada yang bisa membayar paling mahal, Navarro mengangkut patung tersebut menggunakan helicopter dan menyandera Elena juga sementara anak – anak buahnya di serang para mutan. Nate berhasil melompat ke jaring – jaring yang di pakai untuk mengangkut patung tepat sebelum helicopter terbang lebih tinggi. Saat Elena sedang berjuang untuk melepaskan diri di dalam helicopter, salah satu tentara bayaran melihat Nate bergelantungan dan dengan segera bersiap menembaknya, di tending oleh Elena keluar Helicopter. Saat tentara itu jatuh, ia membabi buta menembakan senjatanya dan secara tidak sengaja mengenai pilot dan membunuhnya, alhasil helicopter tersebut jatuh tepat menuju kapal kargo milik Roman.

Pertempuran terakir terjadi antara Nate dan Navarro dan anak buahnya. Setelah baku tembak yang hebat dengan prajurit bayaran, Nate dan Navarro bertarung dengan tangan kosong dan akhirnya Nate menang dan Navarro terbaring pingsan. Nate menuju ke bangkai helicopter yang jatuh dan menemukan Elena terbaring pingsan di dalamnya, setelah membantu dan berhasil mengeluarkan Elena, Navarro menyadarkan diri dan bersiap untuk membunuh Nate dan Elena dengan Shotgun di tangannya. Elena memperingatkan Nate, yang dengan sigap langsung mendorong Helicopter yang berada diujung kapal kargo agar jatuh ke dalam samudera. Kaki Navarro terikat oleh tali yang di gunakan untuk mengikat patung dengan helicopter. Helicopter yang jatuh menyeret Navarro dan patung emas ke dasar samudera.

Elena mengembalikan cincin yang di tinggalkan Nate di jenazah Sir Francis, Mereka berdua mulai mendekat akan tetapi di ganggu oleh Sully yang berhasil menyelamatkan diri menggunakan speedboat kecil, dan membawa beberapa kotak berisi harta karun yang ia ambil dari beberapa bajak laut yang tewas. Speedboat tersebut menyusuri samudera dengan Nate, Sully, dan Elena di atasnya. Elena mengingatkan Nate karena kameranya rusak, Nate masih berhutang kepadanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: