Heavy Rain (2010) Review

  By: Adri Adityo Wisnu

 

    Shaun Mars telah menghilang! Ia terakhir kali terlihat sedang bermain di sebuah taman, sebelum hujan mulai mengguyur. Kalian mungkin akan awalnya akan berpikir dia hanya kabur – karena kehidupannya tidak mengenakan – dan berharap dia akan muncul di pintu depan sewaktu – waktu. Tapi pasti jauh di lubuk hati kalian, kalian tau dia tidak akan kembali. Dia telah diculik oleh Origami Killer, seorang pembunuh psikopat yang suka menenggelamkan anak lelaki kedalam air hujan dan meninggalkan sekuntum bunga anggrek dan sebuah figuran kecil didekat mayat. Tidak ada yang tahu siapa orang ini. Banyak petunjuk – Petunjuk berguna untuk diikuti, ratusan tersangka yang diintrogasi, dan tidak ada sedikitpun petunjuk bagaimana cara menghentikan satu orang gila. Kau harus menyelamatkan Shaun. Ada seorang anak lelaki yang terkurung di suatu tempat, perlahan hidupnya akan berakhir dengan masih berpegang teguh pada harapan bahwa seseorang akan mentelamatkannya.

 

Lebih baik kau berpikir cepat, hujan turun dengan deras dan volume air terus meningkat.

 

   Pencaran diawali dengan Ethan Mars, ayah dari korban terbaru. Kisah hidupnya sangat tragis, ia berubah dari seorang arsitek yang sangat sukses dan ayah yang hebat menjadi seorang yang menyedihkan. Tidak ada seorangpun yang bisa menyalahkan da. Apa yang kau rasakan kalau anak kalian yang diculik? Apa yang akan kalian lakukan? Apa yang BISA kalian lakukan? Itulah hal yang ingin diketahui oleh Origami Killer. Ia mengirim Ethan beberapa instruksi yang jika di ikuti dan dipatuhi dengan benar akan membawanya ke tempat Shaun berada. Bermula dari hal kecil yaitu mengambil sebuah kotak kecil dari sebuah loker penyimpanan barang. Akan setiap tugas yang baru ternyata lebih berbahaya dari yang sebelumnya, dia harus membunuh orang tidak berdosa, menjadi buronan, dan menghadapi berbagai bahaya yang dapat dengan mudah membunuhnya. Tergantung bagaimana kalian memainkannya. Dengan jalan cerita yang gelap, mendebarkan, yang berinti tentang sebagai mana hebat sebuah cinta untuk menjadi sebuah motivator. Ethan akan melakukan apa saja untuk menyelamatkan anaknya.

 

    Tentu saja ia tidak sendiri. Heavy Rain di sajikan dalam sudut pandang tiga karakter lain. Tidak hanya kau akan mengikuti cerita dari mata seorang ayah yang kewalahan, akan tetapi daro orang – orang yang memburu pembunuhnya juga. Norman Jayden adalah seorang profiler FBI yang sedang berjuang untuk memecahkan kasus sekaligus berhadapan dengan kepolisian yang korup dan birokrat. Scott Shelby bekerja sendiri sebagai penyelidik pribadi, mewawancara korban – korban sebelumnya sambil berusaha untuk menegakkan rasa kesusilaan di perut kota yang kumuh. Madison Page, seorang jurnalis yang menghabiskan waktunya menyusun petunjuk yang ia temukan sendiri. Walaupun karakter – karakter tersebut tidak se-menderita Ethan, cerita mereka tetap berhubungan sampai akhir. Mereka berjuang menghadapi kekerasan, mengejar kebenaran, integritas moral, dan dan perlunya sebuah kasih sayang. Semua dilemma itu diarahkan dengan segala twist yang cerita yang cerdik yang kerap muncul didalam jalannya cerita yang nantinya akan menyatu. Saat mystery tersebut terpecahkan, tidak ada yang akan keluar tanpa luka.

 

    Itu di asumsikan jika para karakter bisa sampai sejauh itu. Memainkan game ini tidak memiliki fasilitas eksplorasi terbuka, akan tetapi berinteraksi dengan objek dengan menggunakan quick-time event. Yang harus dilakukan hanya mengikuti tanda panah dilayar. Pada level tutorial semua itu di demonstrasikan secara mendetil. Yang harus dilakukan hanyalah cukup mendekat ke sebuah objek dan menekan tombol yang muncul dilayar. Kau bisa menekan sebuah tombol yang sudah ditentukan yang akan menunjukan apa yang sedang dipikirkan oleh si karakter. Bahkan saat kau tidak sedang mengontrol karakter, perintah tombol – tombol itu akan bermunculan saat custcene; entah itu untuk menyerang musuh, menghindar, atau menembak. Ini membuat Heavy Rain tidak terasa seperti video game akan tetapi seperti sebuah film interaktif. Ceritanya sangat emotional membuat pemain perduli terhadap masing masing karakter.

 

    Sering kali kita akan memakan waktu cukup lama untuk terbiasa dengan kontrolnya. Menekan R2 akan membuat karakternya berjalan kemana mereka menghadap, dan analog stick untuk mengarahkan gerak mereka. Ini terkadang sangat sulit, terutama saat pemain berada di ruang sempit dan ingin memfokuskan pada sesuatu benda. Kalaupun pemain tebiasa dengan controlnya, para karakter bergerak dengan pelan seperti orang mabuk. Hal itu tidak buruk, tetapi terasa kikuk dibandingkan dengan quick – time event. Terkadang pemain bisa dengan mudahnya tidak sengaja melewati sebuah objek dimana akan dibutuhkan untuk berputar balik dan mencoba untuk berinteraksi dengan objek tersebut.

 

    Game ini biasanya dapat memaafkan jika pemain salah tekan tombol saat quick – time event, tapi jangan disepelekan. Pilihan dan perlakuan yang diperbuat akan berpengaruh secara drastic kepada jalan cerita. Sesuatu yang sepele, seperti mengangkat telfon, atau menemukan petunjuk, akan membawa segalanya kepada sesuatu yang tidak disangka – sangka. Segala yang penting tidak diperlihatkan sampai tengah – tengah permainan, akan tetapi bahkan sesuatu yang kecilpun dapat berdampak besar. Besar kemungkinan bagi beberapa karakter untuk mati jauh sebelum pertarungan terakhir, yang nantinya karakter tersebut akan dihilangkan dan merubah semua jalan ceritanya. Seluruhnya ada 20 ending dan beberapa alternative dan semuanya bergantung pad asemua keputusan yang pemain ambil didalam game. Tidak semuanya berakhir bahagia juga. Serunya adalah kita bisa coba kembali lagi, mengambil keputusan yang berbeda dan melihat jalan cerita yang berlanjut secara berbeda pula. Hal ini yang membuat pemain lebih terhubung kepada game ini dan jalan ceritanya, kalian tidak hanya sedang menonton film, tapi berperan penting dalam perkembangannya juga.

 

    Game ini keren, setiap inci sangat terlihat detail. Kau akan tau ketika melihat layar tv-mu close up ke wajah Ethan. Tekture kulit, refleksi cahaya, pelebaran pupil, dagu yang berjanggut tipis, ekspresi wajah, tidak ada game lain yang mendekati realita seperti game ini. Heavy Rain adalah game emosional, di dukung dengan music yang indah dan menegangkan bergantung dengan situasi. Efek suara juga memukau, saat sedang berjalan disebuah stasiun kereta, terdengar suara keramaian, langkah – langkah kaki yang jumlahnya banyak dan repetitive, Layar – layar informasi yang menyala terang, dan cahaya matahari yang menembus jendela. Kau gugup; tidak bisa mengatasi keramaian. Kau akan menabrak banyak orang, kau akan berusaha mengambil nafas, tanganmu akan gemetaran. Ini tidaklah mudah, kau harus mengocok controllermu untuk bergerak maju. Disaat itu juga music yang menegangkan akan terus bermain dan bertambah keras seiring waktu membuatmu semakin tegang.

 

    Tetapi bukan berarti game ini cocok untuk kebanyakan pemain. Ini bukan game yang “biasa”, dan banyak pemain yang lebih ingin bermain game yang tradisional. Tapi jika mau coba, Heavy Rain tidak akan membuatmu menyesal. Cerita yang ditulis secara cerdas mengenai seorang pembunuh sadis dan rasa cinta seorang ayah. Tema gelap yang ditawarkan membuatmu melihat karakter – karakter utama yang biasa saja menjadi luar biasa. Game ini merubah hal biasa saja seperti mengangkat telefon menjadi sesuatu yang sangat berarti. Terkadang control yang kaku dapat membunuh kesenangan saat bermain, akan tetapi jalan cerita yang keren dan grafis yang memukau menutup semua itu. Jadi cobalah game ini. Berjalanlah ditengah hujan.

 

Score: 90 out of 100

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: