Luigi’s Mansion: Dark Moon review (N3DS)

Written by: Adri A Wisnu

Twitter: @anakbabehgue

Halo, sahabat sahabat super. Saya balik lagi, dan kali ini mau iseng ngoceh tentang judul 3DS lainnya yaitu Luigi’s Mansion: Dark Moon. Kalau yang ngerasa kepanjangan, sebut aja Luigi’s Mansion 2, karena game ini memang sequel dari Luigi’s Mansion yang di tongolin buat GameCube pada 17 November 2001. Bagi yang ragu mau beli game ini atau nggak, coba baca dulu pendapat saya mengenai game ini, baru ambil keputusan. Ayo kita mulai bahas.

Game ini dimulai dengan cutscene yang nunjukin karakter dari game sebelumnya, Professor E.Gadd, lagi melakukan penelitian terhadap aktivitas paranormal di Evershade Valley. Si Professor dibantu sama hantu – hantu penghuni lokal yang sikapnya baik disebabkan oleh bulan warna jingga yang disebut Dark Moon. Udah gitu King Boo – Antagonist utama di game sebelumnya dan disini juga – ngancurin Dark Moon sehingga serpihannya tersebar di seluruh penjuru Evershade Valley dan bikin hantu – hantu yang tadinya baik jadi pada badung. E.Gadd akhirnya sembunyi dan manggil orang yang menurut dia udah berpengalaman, ya itu lah si karakter utama kita, Luigi.

Seperti game – game yang berhubungan sama Mario & Luigi lainnya, cerita di LMDM juga gak terlalu berat, intinya kita kumpulin serpihan Dark Moon biar hantu – hantunya pada baik lagi. Tapi petualangan Luigi disisipin lelucon lelucon yang menghibur. Dimulai dari ekspresi ketakutan dan kagetnya Luigi, sampe gaya ngomong dia kalau bilang “Hello” dan “Bad doggie!”. Kualitas leluconnya kurang lebih sama seperti game sebelumnya. Jadi Luigi’s Mansion ini semacam a funny version of Fatal Frame. Kalau Miku lagi ketakutan saya merinding, kalau Luigi ketakutan saya ketawa.

Inti dari gameplaynya adalah nyedot hantu pakai vacuum cleaner. Tapi gak cuma itu aja. Game ini dibagi menjadi lima tempat dan masing – masing punya 5 level, dan di akhiri dengan boss battle. Gameplay di LMDM mencakup exploring, puzzle, nangkep hantu, nyelamtin Toad, dan lainnya. Satu level bisa ngabisin sekitar 15 – 30 menit tergantung jago atau nggak nya pemain, tergantung pemain mau cari collectible item atau nggak. Masing – masing level di design dengan sangat apik, dengan tema yang berbeda – beda. Banyak sesuatu yang tersembunyi tapi penempatannya tanpa kesan dipaksain. Cara lawan hantunya simple, cukup tekan A untuk nge-stun dan R untuk nyedot. Lawan hantu – hantu kacungnya sama aja, mereka Cuma bentuknya aja yang beda. Yang kecil biasanya Cuma punya health 10, makin besar makin banyak bisa sampai 100. Boss battle nya ini yang asik, biasanya dibagi jadi 3 segmen, setiap segmen ada yang cara lawannya sama, ada yang beda, kadang ada sedikit unsure puzzle solving. Walaupun saya cukup kecewa dengan control di game ini tapi saya sangat menikmati permainannya, dan efek 3D nya. Serius, game ini bikin saya takut mati – not literally – karena di setiap level gak ada checkpoint ditengah – tengah, jadi kalau mati ya ulang dari awal. Ini bakal nyebelin kalau lagi di level yang durasinya lama.

Kalau soal music, bisa dibilang soundtrack nya cukup menarik, apalagi ringtone Dual Scream-nya si Luigi. Walaupun background music di setiap level mirip, tapi gak terdengar membosankan, terlebih pas kita gak gerakin si Luigi, dia suka nge-humming background music nya dengan nada yang lucu.

Setelah tamat, gamenya jangan dibuang dulu ya, karena multiplayernya asik. Multiplayernya dibagi jadi 3 modes, masing – masing bisa dipartisipasi oleh empat player yang bisa ikutan lewat Download Play. Saya pribadi cukup terhibur dengan multiplayernya.

Luigi’s Mansion Dark Moon adalah game wajib bagi pengguna 3DS. Grafik yang setara GameCube, gameplay yang asik dan menarik, music yang catchy, multiplayer yang berfaedah. Intinya, game ini layak beli.

SCORE: 9.0/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: